Bila Koala Menangis Sebab Kalah Dengan Koala Lain. Memang Kalau Anda Dengar Pun Rasa Lain Macam




Koala yang banyak terdapat di Australia tidak perlu meneguk air untuk minum. Nama ‘koala’ itu sendiri yang diberi oleh kaum asli di negara itu, bermaksud ‘haiwan yang tidak minum’.

Namun sebenarnya, koala mendapat sumber air daripada daun eucalyptus yang dimakannya. Koala bukanlah tergolong dalam kumpulan beruang walaupun bentuknya seperti beruang.

Haiwan ini tergolong dalam kumpulan marsupial iaitu binatang yang mempunyai uncang untuk melindungi anak masing-masing. Koala menghabiskan 14 jam sehari untuk tidur.

Haiwan ini lebih selesa berada di atas pokok kerana keadaan fizikalnya yang memberi kelebihan untuk memanjat pokok. Terdapat ruang yang luas antara dua jari koala dan ibu jari kakinya yang besar membolehkannya memegang kuat dahan pokok.

Pada masa dahulu, koala merupakan sumber makanan yang penting kepada kaum asli di Australia. Menjelang tahun 1920an haiwan ini hampir pupus disebabkan perburuan untuk mendapatkan bulunya. Koala boleh hidup sehingga 14 tahun jika berada di kawasan yang bebas daripada gangguan manusia.

Laman web rujukan: www.yahooligans.com . Sumber: Majalah Estidotmy

Koala Menangis … Memang Lain Macam Bunyi Dia

Setiap harinya, koala dapat tidur 18 hingga 22 jam

Satu klip video menunjukkan 2 ekor sedang berebut sebatang pokok. Memang habitat koala untuk memegang pokok.

Ketika salah seekor dari 2 koala ini kalah, kedengaran dia merengek seperti dia sedang menangis. Bunyi tangisan koala ini seperti seorang bayi yang tidak dapat susu. Memang pelik dan jarang jarang kita dengar koala menangis.

9 Perkara Yang Harus Anda Tahu Tentang Koala

Koala itu bau, dideskripsikan seperti bau urine

1. Memiliki Bau Seperti Urine

Koala itu bau, dideskripsikan seperti bau urine

Koala memang terlihat sangat lucu dan menggemaskan, namun ternyata jika Anda melihatnya secara langsung maka Anda akan mempertimbangkannya lagi. Jika dapat digambarkan sebagai bau apapun, maka bau koala akan dapat digambarkan seperti bau urine atau bau pesing air seni Anda. Hal ini karena koala dewasa akan menggunakan bau tersebut sebagai penanda wilayah mereka.

2. Jari Seperti Manusia

Koala memiliki jari yang benar-benar menyerupai manusia. Manusia sudah dikenal secara umum sebagai spesies yang memiliki sidik jari unik untuk setiap individualnya, dan hal itu ternyata juga berlaku bagi koala. Tidak hanya itu saja, sidik jari mereka sangatlah mirip dengan sidik jari manusia. Hal itu bahkan pernah membuat para polisi kebingungan dalam menyelesaikan sebuah kasus kriminal, dan beberapa kasus bahkan tidak terselesaikan karena sidik jari koala-koala ini.

3. Koala Bererti “Tidak Minum”

Dalam bahasa aborigin Australia, kata koala dapat diartikan sebagai “tidak minum.” Karena pohon eukaliptus, makanan mereka, memang sudah menjadi sumber makanan sekaligus sumber air mereka. Namun hal itu tidak berarti mereka tidak pernah minum air, jika mereka sakit atau dalam iklim kering maka koala akan terlihat minum air.

4. Tidur, Tidur, Makan, dan Tidur

Sepanjang hidupnya koala aakn lebih sering terlihat tidur, daripada melakukan aktivitas lain. Hewan-hewan ini setiap harinya akan tertidur selama 18 hingga 22 jam dan sisanya mereka gunakan untuk makan. Jumlah daun eukaliptus yang mereka makan juga tidaklah sedikit yakni kurang lebih sebanyak 1 kg. Sebagai bayangan, 1 mangkuk nasi yang biasa kita makan itu adalah 125 gram, jadi jika dibandingkan, koala dapat memakan sekitar 9 mangkuk nasi setiap harinya.

5. Benar-Benar Khas Australia

Seperti yang sudah diketahui secara umum, koala adalah hewan endemik atau hewan khas Australia yang benar-benar hanya dapat ditemukan di negara tersebut. Satu-satunya kemungkinan Anda dapat melihatnya di luar Australia adalah karena mereka dirawat seseorang atau dengan kata lain di kebun binatang.

6. Relatif Berbulu Domba

Bulu koala itu tergantung atas lingkungan tempat tinggalnya dan biasanya lebat
Bulu koala sering digambarkan sangat lembut dan halus. Hal itu tidak salah, namun lebih tepat mereka dapat digambarkan seperti bulu domba yang tebal karena koala adalah marsupialia (hewan berkantung Australia) yang memiliki bulu tertebal dibandingkan marsupial lainnya. Kehalusan dari bulu koala juga bersifat relatif dan tergantung dari lingkungan tempat hewan ini hidup, terkadang bulu mereka justru dapat kasar.

7. Spesis Terancam 

Di antara tahun 1908 hingga 1927, ada lebih dari 2 juta koala yang diburu di alam liar, hal itu juga belum memperhitungkan predatornya. Ditambah lagi dengan kemajuan zaman dan penebangan hutan liar, maka habitat koala benar-benar sudah merosot hingga 90% dibandingkan sebelumnya. Di alam liar, diperkirakan hanya ada sekitar 6.000-8.000 koala.

8. Rumah Masing-Masing

Koala adalah hewan sosial yang hidup dalam grup kompleks. Setiap komunitas memiliki pejantan dominan dan setiap koala mempunyai pohon masing-masing sebagai rumah mereka, yang benar-benar berbeda dari tetangganya. Itulah sebabnya mengapa jika pohon itu ditebang atau dihancurkan, maka koala terkait akan speerti kehilangan rumah mereka sama halnya seperti kita kehilangan rumah.

9. Koala atau Kacang

Ukuran bayi koala yang benar-benar baru lahir kurang lebih sebesar kacang

Bayi koala yang benar-benar baru lahir akan sangat berukuran kecil, beberapa mendeskripsikan bayi koala hanya sebesar kacang. Tidak hanya itu saja, mereka digambarkan seperti cacing karena tidak memiliki telinga, kecil, buta, dan tidak berbulu. Selama 6 bulan, bayi tersebut akan hidup di dalam kantung ibunya.

SUMBER : TahuPedia

 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*